Memadukan Sistem Online dan Praktek Langsung, Pembulatan Pendidikan D-III Kepolisian Siap Digelar!

Bencana Pandemi Covid-19 saat ini dampaknya mempengaruhi di hampir seluruh sektor kehidupan. Data terkini (update tanggal 20 Juli 2020, pukul 03.16 WIB, individu terpapar corona tercatat 86.521, meninggal dunia sebanyak 4143 jiwa, dan sembuh sebanyak 45.401 orang (Sumber: Kementerian Kesehatan, diakses dari detik.com)  menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan. Khususnya bagi perguruan tinggi, perlu terus menyesuaikan dengan beragam kebijakan pemerintah terkait penanggulangan penyebaran Covid-19, termasuk di dalamnya kebijakan Kemendikbud yang mengharuskan pelaksanaan kuliah dan proses akademik lainnya secara daring/jarak jauh atau online.

Dalam menyikapi persoalan hambatan melasanakan tatap muka langsung dalam beragam program pendidikan termasuk dalam kaitan praktek Pembulatan Pendidikan (Bulatdik) yang dilaksanakan selama akhir 1 tahun pendidikan (akhir semester genap), maka Program Studi Pendidikan D-III Kepolisian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Langangbuana (FISIP-Unla), telah menyusun sebuah konsep yang memadukan antara metode daring/jarak jauh secara online dengan pratek langsung secara terbatas.

Sementara program bulatdik kali ini sama hanya dengan program-program sebelumnya, terbagi dalam tiga bidang. Yaitu Bulatdik Samapta bagi mahasiswa semester II (konsentrasi Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, dan Patroli/Turjawali) Bulatdik Penyelidian Intelijen bagi mahasiswa semester IV (konsentrasi pada praktek intelijen dan pembuatan produk administrasi intelijen), dan Penyidikan bagi mahasiswa semester VI (konsentrasi pada analisa kasus-kasus tertentu yang didukung administrasi penyidikan).

Dalam kegiatan pengarahan peserta pembulatan pendidikan pada Rabu (15/07/2020), di ruang Dekan FISIP, Jl. Karapitan 116 Bandung (melalui aplikasi Jitsi Meet), Dekan FISIP Dr. Tati Sarihati, Dra., M.Si, menegasan tentang pentingnya para mahasiswa fokus terhadap kegiatan bulatdik meskipun dilaksanakan secara jarak jauh. Dekan juga mengingatan agar mahasiwa serus dan memperhatikan segala iformasi secara detail baik melalui jaringan Whatsapp Grup, Google Classroom, maupun ruang pertemuan onine Jitsi Meet atau Zoom, dan alat-alat eletronik lainnya.

“Meskipun kita dihadapkan dengan adanya bencana Pandemi Covid-19, tidak boleh menurunan spirit berlatih Mahasiswa D-III Kepolisian. Kendala apapun tidak harus menghilangan esensi dari berjalannya proses akademik,” tutur Dekan.

D-III Kepolisian akan melaksanakan program pratek Bulatdik mulai tanggal 20 sampai dengan 25 Juli 2020 bertempat di seluruh wilayah secara Nasional (saat ini posisi mahasiwa Unla/Prodi D-III Kepolisian banyak tersebar di berbagai provinsi di Nusantara, karena kondisi perkuliahan yang masih menggunakan sistem daring: Red).

Dalam pembukaan bulatdik pada Senin (20/07/2020), selain dihadiri mahasiswa pada tiga angkatan, juga akan dihadiri Retor Unla Brigjen Pol Purn Dr. H. RAR Harry Anwar, SH., MH yang akan membuka secara resmi kegiatan bulatdik. Selain itu, juga akan dihadiri oleh Dekan FISIP, Wakil Dekan I, II, dan III, para Koordinator Latihan, dan jajaran struktur latihan lainnya. (*DR)

SUSUNAN PERSONIL PENYELENGGARA LATIHAN PEMBULATAN PENDIDIKAN KEMAMPUAN SAMAPTA, PENYELIDIKAN INTELIJEN, DAN PENYIDIKAN D-III KEPOLISIAN

  • Penanggungjawab: Dr. Tati Sarihati, Dra., M.Si (Dekan FISIP)
  • Tim Asistensi Bidang Akademik: Dr Budi Kurniadi, Drs., M.Si (Wakil Dekan I)
  • Tim Asistensi Bidang Administrasi Umum dan Keuangan: Yusef Wandi Drs., M.Si (Wakil Dekan II)
  • Tim Asistensi Bidang Kemahasiswaan: Riefky Krisnayana, S.Sos., M.Sn (Wakil Dekan III)
  • Kepala Latihan: Dr. Lisdawati Wahjudin, Dra., M.Si (Ketua Prodi D-III Kepolisian)
  • Administrasi Latihan: Dedy Rahmat, S.IP., M.Si (Sekretaris Prodi D-III Kepolisian)
  • Sekretariat Latihan: Bonaparte Priyatna, S.Sos., M.Si (Dosen Tetap D-III Kepolisian)
  • Koordinator Latihan Samapta: AKBP (Purn) I Nengah Merta, SH., MH., M.Si (Dosen Pengampu Mata Kuliah Kesamaptaan)
  • Koordinator Latihan Penyelidikan Intelijen: Kompol Ign. Putra, Drs., M.Si (Dosen Pengampu Mata Kuliah Intelijen)
  • Koordinator Latihan Penyidikan: AKBP Dr. Rusman, SH., MH (Dosen Pengampu Mata Kuliah Penyidikan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *