“Sejarah”

Kapolri Jenderal Bambang Hendarso
(Menjabat 2008-2010)

“Polri sangat beruntung ada institusi yang dapat menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan lulusan dengan kompetensi ilmu  kepolisian tanpa dibiayai oleh negara.”

*Pernyatan Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri (Kapolri 2008-2010), yang disampaikan kepada pejabat Universitas Langlangbuana (1 April 2009), pada saat pemaparan mengenai rencana Unla untuk menyelenggarakan Program Studi D-III Kepolisian di Mabes Polri.

Gagasan awal perintisan penyelenggaraan Program D-I Kepolisian yang pertama kali dimunculkan oleh Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) pada tanggal 28 sampai dengan 29 September 2003. Kemudian ditindaklanjuti dengan pelaksanaan workshop tahun 2006 yang diselenggarakan atas kerjasama Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) dan Universitas Nasional Jakarta(UNJ) yang membahas tentang kebutuhan sumber daya manusia terdidik bagi pengisian jabatan atau pekerjaan pengemban fungsi kepolisian.

Hasil workshop yang diselenggarakan oleh Pokja PTIK dan UNJ, kemudian ditindaklanjuti oleh UNLA dengan mengadakan penelitian untuk mengetahui kebutuhan stakeholder terhadap kompetensi hasil didik untuk mengisi kebutuhan sumber daya profesional pada instansi/lembaga/badan yang bersangkutan (misalnya: Polri, Pemda, Kementerian Tenaga Kerja, Imigrasi, Bea Cukai, Kementerian Kehutanan, dll).

Pada tanggal 19 September 2007 dilaksanakan saresehan di Hotel Preanger atas  kerjasama UNLA, Lemdiklat Polri dan Polda Jabar   untuk mendapatkan masukan-masukan tentang  rencana penyelenggaraan Program Studi D-III Kepolisian pada Perguruan Tinggi Umum. Setelah itu dilaksanakan workshop di PTIK pada tanggal 17 sampai dengan 19 Desember 2008 yang membahas tentang Pengembangan Ilmu Kepolisian di Perguruan Tinggi Umum.

Hasil sarasehan tersebut, diperkuat melalui pembentukan Tim Perumus Kurikulum D-III Kepolisian dengan unsur personil yang terdiri dari UNLA dan Lemdiklat Polri, berdasarkan Surat Perintah KaLemdiklat Polri Nomor Pol. Sprin/91/II/2008. Tim perumus tersebut, terbentuk pada tanggal  28 Februari 2008.

NOTA KESEPAHAMAN UNLA DAN STIK –Rektor Unla, Brigjen Pol Purn. Dr. H.Nana Rukmana Asmita, MH dan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) telah mendatangani Nota Kesepahaman dalam rangka tentang Pengembangan Sumber Daya Manusia di Kampus STIK, Jakarta, pada tanggal 21 Matet 2010. Penandatanganan Nota Kesepahaman ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara Polri dengan Unla sejak proses pendirian Program Studi D-III Kepolisian pada tahun 2008.

Pada 1 April 2009  Pimpinan UNLA telah melakukan pertemuan dengan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Bambang Hendarso Danuri untuk melaporkan rencana penyelenggaraan Prodi D-III Kepolisian di UNLA.Saat itu Kapolri menyatakan,“Polri sangat beruntung ada institusi yang dapat menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan lulusan dengan kompetensi ilmu  kepolisian tanpa dibiayai oleh negara.”

Dalam proses pendirian Program Studi D-III Kepolisian, UNLA mendapat dukungan dan rekomendasi dari beberapa lembaga pengemban fungsi kepolisian, seperti dari Departemen  Kehutanan, Departemen Dalam Negeri, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kota, Bank, dll yang menyatakan persetujuan dibukanya Program Studi D-III Kepolisian di UNLA.

Nilai Akreditasi “B”

Melalui upaya panjang penyiapan rencana pendirian hingga berjalannya proses pendiidkan di Program Studi D-III Kepolisian. Serta, melalui kerjasama sinergis dengan Lemdik Polri, Polda Jabar (dan Sat Brimob Polda Jabar), Polrestabes Bandung, Polres Bandung, Pusdik Intelkam, dan segenap civitas akademika, pada tahun 2013 (akreditasi BAN-PT pertama) akhirnya D-III Kepolisian  FISIP Unla berhasil memperoleh nilai akreditasi “B”. Melalui hasi ini, ke depan Program Studi D-III Kepolisian merencanakan peningkatan nilai menuju “A”/nilai tertinggi.

D-III Kepolisian, Satu-satunya di Indonesia 

Hingga saat ini Prodi D-III Kepolisian memperoleh akreditasi dengan nilai “B” berdasarkan SK BAN-PT No. 5266 /XII/ tanggal 27 Desember 2017 yang berlaku hingga 27 Desember 2022. Hingga saat ini, Program Studi D-III Kepolisian adalah program studi unggulan dan satu-satunya di Indonesia, dan hanya dioperasionalkan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Langlangbuana.(*DR)

D-III Kepolisian FISIP Unla juga pernah mengirimkan mahasiswa melanjutkan studi di Program Studi Cyber Police di Youngsan University, Korea Selatan. Berikut link Youngsan University dan link berita Nasional terkait program studi lanjutan lulusan D-III Kepolisian di Korea Selatan: